Rabu, 13 Juli 2011

Fix DVD player "Tray Error..."

Setelah sekian lama gak pernah update blog...kali ini saya menulis tentang perbaikan DVD player dengan kasus munculnya pesan "Tray Error" pada layar TV. DVD ini mggunakan Board dengan Type/seri RC1389L-X6, yang menggunakan chipset MTK 1389DE - LEAL 128 pin.

Board RC1389L-X6

Tegangan pada pin 26 (TRIN) ketika tray loader membuka kira-kira 3.3 volt dan ketika menutup seharusnya sama dengan 0 (nol) volt. Setelah dilakukan pengukuran ternyata pada saat tray loader menutup tegangan pada pin ini masih ada sekitar 3 volt maka system menganggap bahwa tray loader masih posisi membuka/open sehingga motor terus berputar dan setelah beberapa detik pada layar TV muncul pesan "TRAY ERROR"dan tray loader kembali membuka (posisi Open). Cek dan ricek switch open/close tidak ada masalah alias kondisi bagus, berlanjut pengecekan ke track/jalur dari soket pin CL menuju pin 26 Chipset dan ternyata ada tegangan yang bocor ke track ini dari pin stb pada soket untuk game. Saya sendiri juga agak bingung karena setelah penelusuran jejak pada jalur ini sepertinya tidak ada komponen yang menghubungkan ke track lainnya. Karena soket game ini tidak terpakai maka untuk mengatasi masalah tarck ini saya putus. Berikut gambar jalur dan track yang di potong :

Track yang dipotong
Semoga bermanfaat..

8 komentar:

  1. @ Patmin : thx..http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/1.gif

    BalasHapus
  2. Met siang Kang lam kenal, mohon pencerahan saya ada DVD LG Type DV276K sdh ganti optik tapi DVD tetep tdk berfungi, DVD hanya open clouse saja, Optik diamati tidak kluar sinar tp bisa maju mundur jg naik turun trus motor spidle bergerak hnya pelan satu detik saja trus mati.... atas bantuannya matur nuwun
    Salam sukses
    lilieg Gesang

    BalasHapus
  3. selamat siang gan. mau tanya dvd open close di layar jalan... tapi kok dinamo gak mau muter ya gan? seperti tidak ada arus yang masuk... sudah saya cek kondisi perkabelan dan switch nya normal. kira-kira apanya ya gan? trims.

    BalasHapus