Kamis, 21 Juni 2012

Memperbaiki Power Amplifier

Power amplifier ini kalau dilihat dari bentuk dan modelnya sepertinya rakitan lokal atau mungkin produk Cina. Datang dengan kondisi mati, fuse vcc untuk rangkaian powernya putus dan transistor penguat final sudah tidak ada pada posisinya alias raib. Karena kehilangan jejak jadi sedikit membingungkan mau diganti dengan transistor type apa ?

Penampakan 1

Penampakan 2

skema asli
Jika diamati pada rangkaiannya seperti model rangkaian yang menggunakan jenis MOSFET type N atau transistor bipolar type NPN sebagai penguat akhirnya. Namun karena juga bingung mau pake FET apa akhirnya diputuskan untuk menggunakan transistor bipolar yang lebih mudah didapatkan. Lagi lagi muncul sedikit masalah.Transistor yang ada dipasaran biasanya dijual secara berpasangan / 1 set (PNP dan NPN ). Jika hanya digunakan yang NPN sementara yang PNP nganggur, terus mau buat apa. Nah biar efektif akhirnya dengan sedikit modifikasi pada rangkaian penguat ahkir 1 set transistor bisa digunakan. Berikut skema hasil modifikasinya.


Skema setelah di modifikasi
Dari hasil pengetesan suara yang dihasilkan lumayan lah meskipun kalau untuk kualitas Hi-Fi masih kurang. Demikian sedikit gambaran modifikasi yang saya lakukan
Semoga bermanfa'at

9 komentar:

  1. mantap kang, jadi nggak ada yg mubazir.....

    BalasHapus
  2. mantab jhon.... masio aku g mudeng audio....
    hehhehehhehe

    BalasHapus
  3. siiipppp kang....maju terus ....salam from Http://servicetvku.blogspot.com

    BalasHapus
  4. kenapa pada amplifier mixer ketika menyalakan perangkat lain ada suara gemeretak

    BalasHapus
  5. mengapa pada amplifier muncul suara gemeretak ketika menyalakan perangkat lain

    BalasHapus
  6. lumayan dapat pencerahan

    Belajar sesuatu yang baru dan menghasilkan uang! Saya baru saja menutup perdagangan dengan 168.00 pips keuntungan dan memperoleh uang ekstra di AGEA (www.agea.com)!

    BalasHapus

Ada kesalahan di dalam gadget ini